Kios Sang Guru

Icon

99% pintu rizki ada pada perniagaan

Tips Merakit PC

rakitkomputer Membangun PC sendiri dari awal menawarkan beberapa keuntungan, di antaranya kebebasan untuk menyesuaikan komponen sesuai dengan kebutuhan sekaligus mengontrol biaya. Kita lihat apa yang perlu diperhatikan pada waktu membangun PC dari awal.

Hati-Hati Memilih Motherboard
Motherboard merupakan komponen yang paling penting pada waktu membangun PC dari awal. Motherboard yang Anda pilih tidak hanya mempengaruhi jumlah dan jenis port (paralel, serial, USB, dan sebagainya) yang dimiliki sistem, tetapi juga menentukan processor mana menggerakkan komputer, memory (jenis dan kecepatan) yang digunakan, jumlah dan jenis harddisk (IDE, SATA, dan sebagainya) yang didukung, dan jenis casing PC (micro, shuttle, mid-tower, server, dan sebagainya), karena faktor bentuk mother board (ATX, mini-ATX, dan sebagainya) biasanya menentukan casing yang harus digunakan.

Ingat jenis socket CPU motherboard pada waktu memilih processor. Jenis socket CPU biasanya menentukan pabrikan CPU (Intel versus AMD) dan keluarga processor (Pentium 4, Athlon, Celeron, Sempron, dan seterusnya). Jika Anda bingung socket mana yang didesain untuk suatu CPU, Wikipedia mempunyai daftar yang dapat membantu.

Tidak ada salahnya untuk melihat spesifikasi chipset dan port video motherboard. Jenis chipset menentukan maksimum RAM (selain elemen lainnnya). Kebanyakan setiap motherboard eksisting mendukung teknologi AGP, tetapi motherboard yang lebih baru menggunakan slot PCI-Express untuk meningkatkan performa video.

Tinjau Lagi Pilihan CPU
Walaupun motherboard menentukan processor (AMD Athlon 64-bit dan Intel Core Duo contohnya) Anda masih harus mengambil keputusan, yaitu seberapa cepat processor Anda nantinya? Ingat bahwa CPU dengan processor yang lebih bertenaga akan memberikan performa yang lebih baik dan masa penggunaannya bisa lebih lama. Dengan kata lain, chip Pentium 4 3,06 GHz bisa memenuhi kebutuhan lebih lama dibanding model CPU yang sama dengan clock 2,26 GHz.

Jangan Pelit Beli Casing PC
Jangan tergoda untuk membeli casing yang paling murah. Casing lebih dari sekadar hanya menampung komponen PC. Casing juga menentukan jenis dan jumlah port data yang bisa diakses dari depan komputer.

Power Supply
Jangan meremehkan pentingnya power supply yang bagus. Power supply yang bermasalah bisa menjadi mimpi buruk. Pastikan bahwa Anda membeli barang yang berkualitas yang menghasilkan power yang cukup untuk sistem.

Periksa RAM
Anda tidak akan mempunyai RAM yang cukup, tetapi tentu bisa saja Anda tidak membeli dengan tepat. Sebagai contoh, jika Anda membutuhkan RAM 2 GB, jangan pasang empat keping 512 MB ke dalam motherboard. Sekarang banyak motherboard yang hanya mempunyai sepasang slot RAM, jadi pastikan untuk membeli modul RAM yang paling maksimal. Selain itu, beli memory yang benar. Sering kali kita bingung dengan beragam jenis yang berbeda. Pastikan Anda membeli RAM yang tepat dan bukan pemilik memori DDR 333 MHz pada waktu Anda membeli keping DDR 400 MHz.

Pilih Format Disk yang Tepat
Motherboard yang Anda pilih akan menyediakan beberapa opsi. Selain drive CD/DVD, pasti Anda juga akan punya harddisk IDE, SATA, atau bahkan SCSI. Jika sistem Anda sering kali akan memproses data dalam jumlah besar, tidak ada salahnya menggunakan drive SATA atau SCSI.

Namun jika sistem digunakan untuk aplikasi yang tidak berat, harddisk IDE banyak tersedia dan akan bisa memenuhi kebutuhan Anda. Jangan hanya berpikir bahwa Anda membutuhkan hardware paling baru dan paling bagus. Penghematan besar bisa dilakukan dengan menggunakan harddisk IDE 40 GB 5400 RPM daripada harddisk SATA 40 GB 7200 RPM.

Perhatikan Kebutuhan Grafis
Keluhan mengenai video card biasanya hanya sedikit di lingkungan kerja. Selain dari desainer grafis, CAD, fotografer profesional, dan rumah produksi, hanya beberapa orang yang membutuhkan video card dengan RAM 256 MB. Namun, itu semua berubah. Penggunaan media semakin berkembang ke semua profesi. Trennya pasti untuk meningkatkan jumlah video card yang digunakan, dan Windows Vista (dengan interface Glass yang kaya grafi k) akan mendorong banyak perusahaan untuk menggunakan video card dengan RAM 256 MB atau lebih.

Jenis video card adalah pertimbangan lain yang harus dipikirkan pada waktu membangun sistem barebone. Kartu PCI dan AGP sejak lama sudah bisa memenuhi kebutuhan organisasi. Namun PCI-Express, dengan kecepatannya yang lebih tinggi, mengungguli AGP (yang dengan sendirinya mengungguli PCI).

Pastikan untuk mengingat kebutuhan organisasi dan tujuan digunakannya sistem, pada waktu menentukan grafis PC. Biasanya, kartu grafis internal sudah bisa memenuhi kebutuhan Anda. Di lain pihak, slot AGP atau PCI-E terpisah dan kartu grafis dengan RAM 256 MB non-share mungkin dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang penuh dengan grafis.

Amankan Semua
Tidak sedikit sistem yang dibangun tergesagesa dan dipaksa untuk bekerja. Mudah sekali untuk melewatkan hal-hal sepele, terutama pada waktu banyak proyek, tetapi selalu ambil waktu tambahan untuk mengamankan semua komponen di dalam PC. Pastikan semua power supply dan kabel data terpasang jauh dari kipas pendingin, termasuk kipas yang digunakan untuk mendinginkan CPU, kartu grafis, dan casing itu sendiri.

PC mempunyai banyak bagian yang bergerak, jadi supaya posisi kabel tidak bergeser hubungkan mereka ke kerangka casing (atau bahkan kabel lain) dengan menggunakan pengikat kabel. Ambil juga waktu untuk mengamankan semua drive dan harddisk pada bay. Jangan mengandalkan satu sekrup untuk memegang harddisk atau drive CD/DVD. Gunakan paling sedikit dua sekrup (satu di setiap sisi), tetapi sebaiknya gunakan empat (dua di setiap sisi).

Beli Burner
CD/DVD burner merupakan “floppy” baru. Banyak PC bahkan tidak lagi menyertakan floppy disk. Drive CD atau DVD burner sekarang bisa didapat dengan harga yang tidak terlalu tinggi, tetapi akan menghemat waktu Anda dan menyelematkan Anda di masa mendatang.

Setiap orang pasti berpikir mereka akan biasa meng-e-mail atau mengirim file yang lebih besar ke vendor, supplier, atau pelanggan yang bersangkutan, tetapi tidak menghitung berapa kali pada waktu kita perlu mentransfer file besar tetapi tidak bisa mengakses FTP karena masalah sekuriti atau firewall dan tidak bisa meng-e-mail file karena larangan attachment. Pasang burner ke barebone PC dan Anda juga akan mendapatkan cara alternative untuk membuat back-up. Keuntungannya jelas melebihi biaya yang dikeluarkan.

Dingin Bagus; Panas Buruk
Casing biasanya tidak menyertakan kipas. Belilah beberapa dan pasang karena panas adalah musuh utama PC. Jangan lupa, belilah kipas yang berkualitas. Kipas yang murah dan mahal (khususnya yang dengan cahaya neon) harus dihindari. Lebih baik membeli dari pabrikan yang tidak membuat pendinginan CPU terlihat rumit karena panas adalah masalah sederhana dengan solusi yang sederhana.

Selain itu, jangan simpan dokumentasi sistem di dalam PC. Meskipun secara konsep merupakan ide yang bagus (menyimpan dokumentasi sistem, lisensi, dan CD instalasi bersama dengan unit), material tersebut bisa menghambat aliran udara. Pada kasus tertentu, ini bisa menghambat lubang keluar sehingga menyebabkan harddisk rusak lebih cepat dari waktunya.

Men-setting PC Baru
Pada waktu men-setting PC baru, kita suka terhambat melakukannya dan melupakan aspek penting dari setup awal. Anda beberapa langkah yang perlu dilakukan pada waktu men-setting sistem baru. Beberapa langkah bisa dilakukan setelah yang satu, jika Anda lupa melakukannya pada waktu setup awal sistem. Namun yang lain memerlukan pengulangan, sehinga penting untuk mencoba dan mengingat untuk melakukan mereka pada awal proses.

Buat Partisi yang Cukup
Membuat partisi pada harddisk baru merupakah hal yang penting, terutama jika Anda menginstalasi produk dari keluarga Windows XP dan Windows Server 2003. Saran pembuatan partisi untuk instalasi keluarga Windows XP (dengan asumsi Anda mempunyai harddisk 40 GB) adalah partisi primer sebesar 4 GB khusus untuk file sistem saja, partisi sekunder sebesar 12 GB untuk aplikasi, dan partisi ketiga sebesar 24 GB khusus untuk data saja.
Buat Partisi Sistem yang Memadai
Jika Anda menginstalasi salah satu produk Windows XP, sisakan banyak ruang pada partisi sistem untuk operating system dan paging-filenya. Secara umum, buat partisi paling sedikit 4 GB untuk partisi sistem.

Instalasi RAM yang Mencukupi
Mempunyai RAM yang cukup sama pentingnya dengan ukuran partisi. Dengan mempunyai RAM yang cukup, maka paging akan berkurang. Harga RAM saat ini tidak terlalu mahal, jadi tidak ada alas an untuk menghemat RAM. Saran kami adalah 256 MB untuk Windows XP, dan 512 MB untuk Windows Server 2003 Enterprise Edition (1 GB jika Anda menjalankan Exchange atau SQL Server).

Instalasi Ruang Harddisk yang Mencukupi
Jika Anda menginstalasi salah satu produk Windows XP/Windows Server 2003, kami sarankan minimum satu harddisk 40 GB. Untuk ekspansi yang akan datang, kami sarankan dua harddisk 40 GB. Harddisk, sama seperti RAM, sekarang ini murah, jadi mempunyai ruang harddisk yang cukup tidak akan membobol pengeluaran Anda.

Konfigurasi Paging File yang Mencukupi
Anda harus membuat paging file terpisah untuk setiap partisi pada sistem. Di Internet, ada beragam formula untuk menghitung ukuran paging file, tetapi biasanya kami menggunakan formula: RAM fisik x 2 + 128. Dengan menggunakan formula ini, sebuah mesin dengan RAM 256 MB akan memerlukan paging file 640 MB per partisi.

Beli Monitor 17”
Pada waktu membeli seluruh system (dengan monitor), sebaiknya beli monitor 17”. Sering kali biayanya relatif kecil dan bisa membuat perbedaan yang besar terhadap kebahagiaan dan kepuasan user.

Pilih Sistem File yang Tepat
Memilih sistem fi le yang tepat itu penting terutama pada waktu menginstalasi Windows XP atau 2003. Sebaiknya partisi sistem Anda dengan NTFS, partisi aplikasi dengan FAT32, dan partisi data dengan NTFS. Meskipun NTFS menyediakan sekuriti, banyak aplikasi yang tidak akan terinstalasi dengan baik kecuali pada partisi FAT.

Gunakan Modem Eksternal
Pada waktu membeli PC yang dilengkapi dengan modem, mintalah yang eksternal. Biasaya, modem eksternal lebih jarang bermasalah dibanding yang internal dan lebih andal dalam jangka panjangnya.

Jangan Lupa Password Admin
Pada waktu menginstalasi Windows XP atau Windows Server 2003, Anda akan diminta untuk memberi password account Administrator. Kesalahan yang sering dilakukan adalah melupakan password tersebut sebelum membuat account lain pada komputer. Jika ini terjadi, Anda bisa saja harus menginstalasi ulang operating system.

Advertisements

Filed under: komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: