Kios Sang Guru

Icon

99% pintu rizki ada pada perniagaan

Memulai Bisnis Di Rumah

Sambil duduk nunggu Istri beres kerja, seperti biasa saya gak pernah lepas dari HP “jadul-ku” Siemens C75 browsing baca berita di m.detik.com, ada seorang pemuda yang menghampiri saya dan berkata:  “Terimaksih ya Pak atas tulisan yang dikirimkannya…” Saya jawab: “…ou sama – sama Pak mudah – mudahan bisa bermanfaat”. Padahal saya bingung, ini orang siapa ya..? Saya kenal dimana..? Yang pasti dia temen istri saya. Tapi tak lama kemudian dia bilang “tulisannya bagus Pak, jadi bahan inspirasi saya, sukses ya buat Usaha Mandiri di Rumah..” Dari situ saya baru ngerti kayaknya ci bapak ini adalah member group “Usaha Mandiri di Rumah” yang baru-baru ini saya buat di situs jejaring sosial Facebook.

Sambil di perjalanan pulang ke rumah istri saya cerita juga kalau temennya ada yang nanyain, giman sih cara membangun bisnis di rumah?

Wah makin rame nih UMR alias “Usaha Mandiri di Rumah”… sebenernya ide saya membuat group itu buat menginventarisir ide – ide dan macam – macam usaha yang dilakukan banyak orang. Dari situ mudah – mudahan bisa merubah paradigma kita supaya tidak selalu jadi karyawan. Kalau pun sudah jadi karyawan “why not..” buka usaha sampingan… lumayan kan buat uang tambahan. Tapi terkadang usaha sampingan ini bisa jadi melebihi penghasilan seorang karyawan.

Memulai usaha dirumah di sela – sela kesibukan jadi karyawan memang gampang – gampang susah. Saya temukan ide ini aja baru di tahun 2005 setelah membeli e-book beranibisnis dari internet, dan baru terealisasi di tahun 2008. Dari pengalam berjualan secara direct selling, usaha dengan menggunakan teknologi internet lebih efektif dan pemasarannya sangat luas.

Saya punya tida tips untuk memulai Usaha Mandiri di Rumah:

1. Cari barang/jasa yang akan di jual

Dalam kegiatan jual beli, barang/atau jasa mutlak harus ada. Untuk medapatkan barang tidak perlu bermodal besar, cukup cari relasi yang punya usaha dan tugas kita adalah memasarkannya. Saya punya banyak kenalan yang punya toko komputer terutama di kawasan ruko komputer Kandaga, hampir semua siswa saya kerja di sana bahkan ada yang sudah punya toko sendiri. Yang saya lakukan hanya mengambil gambar barang yang ada di toko dan minta prices list kemudian saya pajang di web. Ketika ada pemesanan maka yang melakukan pekerjaan adalah pihak toko, tugas saya hanya ambil barang dan mengirimkannya pada konsumen. Lumayankan satu kali kirim barang aja udah dapat minimal 200rb. Bagaimana dengan ide anda ?

2. Buat website

Kalau boleh jujur saya bukan orang yang berpengalaman di dunia IT. Untuk bisa buat blog aja saya harus begadang baca e-book cara buat blog. Lumayan, waktu itu terasa sulit. Tapi karena sering dan terus belajar akhirnya gak kesulitan buat blog atau web site. Sekarang makin dimudahkan, banyak yang membahas cara buat blog, bahkan ada pelatihan buat blog yang diselenggarakan secara gratis. Kalau anda sudah punya blog, saatnya melengkapi blog anda dengan ornamen banner yang bisa menghasilkan uang.

3. Buat rekening bank

Berbeda antara jual beli online dengan offline. Transaksi jual beli di dunia maya dilakukan melalui transfer uang via rekening bank. Pembeli akan mengirimkan uang terlebih dahulu sebelum barangnya dikirim. Dalam hal ini dituntut kejujuran seorang penjual dalam malayani konsumennya. Satu kali saja melakukan penipuan (scam) maka web anda akan dengan mudah di cap sebagai web scam dan jangan harap web anda akan dikunjungi orang. Selama ini, alhamdulillah saya selalu menaruh kepercayaan kepada para pedagang online begitu pula dengan saya kepada pelanggan saya

OK.. Selamat Memulai Bisnis dan Sukses !

Filed under: Catatan

2 Responses

  1. fadjar soepijastutik,st says:

    Smoga saya bs belajar lbh byk lg,meskipun ibu rumah tangga saya jg pengen pny usaha di rumah. Smoga saya bisa….

Leave a Reply

