Kios Sang Guru

Icon

99% pintu rizki ada pada perniagaan

Toko Online atau Offline ?

tokoonline2 “Mas Yuyus, kenapa pilih toko online dari pada toko offline ?” Temen saya nanya gitu sewaktu meeting di BeMall. Sambil berlagak profesional saya jawab sambil ngutak-ngatik netbook yang akan saya jual ke konsumen (kan keliatan keren tuh.. he… he…), “Gini bos, aku ini orangnya gak bisa diem di tempat sukanya kesana kemari, dan juga kalau sewa toko itu kan perlu biaya sedangkan toko online kita tinggal buat aja web, masalah barang kan bisa disimpen di rumah..” . Padahal yang jadi masalah adalah saya gak punya duit buat sewa toko he… he… 🙂

Itu hanya guyonan aja. Sebetulnya saya lebih tertarik pada toko online, soalnya bayak keuntungannya. Mengenai barang saya simpen sebagian di rumah dan sebagian besar barang ada di rekanan (relasi). Tapi untuk produk sayuran dan buah – buahan barangnya ready stock di kios punya mertua. Sayuran kiosnya berlokasi di Pasar Caringin dan buah – buahan di Gede Bage jadi dipersilahkan buat sahabat-sahabat yang butuh sayuran dan buah – buahan bisa mampir ke kios kami. Ntar dikasih diskon deh…. 🙂

tokoonline Saya sampaikan beberapa keuntungan toko online :

  1. Tidak membutuhkan ruang fisik yang besar.
  2. Tidak perlu sales atau penjaga toko.
  3. Tidak terkena pajak.
  4. Tidak perlu satpam buat jaga keamanan.
  5. Tidak ada biaya retribusi kebersihan.
  6. Bekerja 24 jam non-stop.
  7. Ongkos sewa lebih murah (utk hosting dan domain).
  8. Dapat dikelola di mana saja.x

Jadi intinnya banyak cost yang ditekan untuk memulai usaha tanpa display fisik (online store). Cukup ambil gambar barang – barang yang akan kita tawarkan, selanjutnya promosikan.
Bagaimana dengan Anda ? Sudah siap memulai berbisnis online ?
“Good Luck 4 You All”

Filed under: Catatan

Leave a Reply

